2020-11-10

Rakor Balitbangtan Usung Tema Konsolidasi Manajemen dan Riset Inovatif Kolaboratif

BBP2TP
...

Rakor Badan Litbang Pertanian dengan Tema Utama "Konsolidasi Manajemen dan Riset Inovatif Kolaboratif Balitbangtan mendukung Pertanian Maju Mandiri dan Modern pada tanggal 9 - 12 November 2020 di Le Eminence Puncak Hotel Convention & Resort. Rakor dihadiri UK/UPT Balitbangtan termasuk BPTP seluruh Indonesia. Kepala Balitbangtan, Dr. Fadjry Djufry dalam sambutannya mensyaratkan peneliti agar tetap produktif dalam situasi pandemi. Fadjry juga mengingatkan jajarannya bahwa program Prioritas Utama harus menjadi program unggulan Balitbangtan, untuk itu peneliti diingatkan penelitian tidak boleh penelitian biasa-biasa saja. Hal lain yang menjadi arahan utama Fadjry adalah penderasan inovasi teknologi pertanian ditingkatkan upayanya melalui revitalisasi dan optimalisasi kebun-kebun percobaan disemua UK/UPT, untuk itu Balitbangtan akan menyiapkan varietas dan bibit unggulnya di setiap provinsi.

Pada rakor ini kehadiran Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo yang sejak awal dinanti civitas Balitbangtan terobati dengan sambutan dan arahan Mentan melalui virtual. Dalam kesempatan tersebut Mentan menyemangati peserta rakor dalam melaksanakan penelitian/pengkajian di tengah tantangan besar seperti saat ini. Mentan juga menegaskan peran sektor pertanian yang muncul sebagai kekuatan dan tumpuan perekonomian di semua daerah saat pandemi berlangsung hingga kuartal III tahun 2020.

Poin utama arahan Mentan lainnya adalah sbb:
• Rakor ini menjadi sangat penting untuk mengkosolidasi Balitbangtan untuk mengakselerasi pertanian menghasilkan sesuatu yang bermanfaat untuk masyarakat.
• Intervensi yang perlu dilakukan hasil riset yang bisa diterapkan lebih maksimal, penerapan keterampilan untuk petani, penerapan mekanisasi yang lebih sesuai
• Litbang bertanggung jawab untuk mengoptimalkan sumber daya alam yang ada
• Litbang dibutuhkan intervensinya dalam semua bidang dari hulu ke hilir
• Kementerian Pertanian tidak bisa kerja sendiri, kerjasama menjadi sangat penting.
• Tahun 2021 semua harus digitalisasi

Image

Sub Sektor : Lain-Lain
Komoditas : Lain-Lain
Teknologi yang Digunakan :
http://bbp2tp.litbang.pertanian.go.id/index.php/berita/berita-aktual/1434-rakor-balitbangtan-usung-tema-konsolidasi-manajemen-dan-riset-inovatif-kolaboratif