2021-01-12

Simak Arahan Presiden RI pada Rakernas Pembangunan Pertanian Tahun 2021

BBP2TP
...

Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Pembangunan Pertanian Tahun 2021 ini dibuka oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta (11/01).  Rakernas digelar dalam rangka penyusunan program kerja Kementerian Pertanian tahun 2021.
Acara ini dihadiri oleh Mentan Syahrul Yasin Limpo dan Jajaran Eselon 1 lingkup Kementan, serta hadir juga Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Kepala BKPM Bahlil Lahadalia.

Pembukaan Rakernas Pembangunan Pertanian Tahun 2021 juga diikuti Unit Kerja dan Unit Pelaksana Teknis Lingkup Kementan, Dinas Pertanian Provinsi dan Kabupaten seluruh Indonesia melalui virtual. Tak terkecuali UK/UPT lingkup Balitbangtan yang sejak senin pagi telah berkumpul di Auditorium Sadikin Sumintawikarta dalam penerapan protokol covid yang ketat.

Dalam arahannya Presiden Jokowi menekankan pentingnya kehati-hatian dalam menghadapi krisis pangan akibat terkendalanya distribusi bahan pangan dunia akibat covid. Isu produksi pangan substitusi impor yang digarisbawahi Presiden Jokowi perlu didekati melalui pertanian kawasan skala luas (economic of scale) sehingga harga pokok produksinya nanti bersaing dengan harga komoditas yang sama dari negara lain, urusan bawang putih, gula, jagung, kedelai, dan komoditas lainnya yang masih impor menjadi catatan dan harus dicari disain yang baik, sentuhan inovasi dan teknologi serta cara-cara bukan lagi konvensional menjadi tantangan utama Presiden Jokowi. Untuk itu Presiden Jokowi mendorong agar food estate di Kalteng, dan Sumut harus sudah selesai tahun ini, sehingga dapat menjadi contoh bagi pembangunan pertanian di provinsi lain.

Simak selengkapnya
https://youtu.be/3o8LYLw5l-8

Sub Sektor : Lain-Lain
Komoditas : Lain-Lain
Teknologi yang Digunakan :
http://bbp2tp.litbang.pertanian.go.id/index.php/berita/berita-aktual/1450-simak-arahan-presiden-ri-pada-rakernas-pembangunan-pertanian-tahun-2021