2021-03-29

Latih Teknologi Budidaya Petani Sulbar, BBP2TP dan BPTP Adakan Bimtek

BBP2TP
...

BBP2TP dan BPTP Sulbar laksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Inovasi Tanaman Pangan dan Hortikultura kepada 60 petani dan penyuluh Kabupaten Mamuju pada Selasa (23/03). Bertempat di SMK Kakao, Kalukku, Mamuju, bimtek yang mengusung tema “Teknologi Budidaya Padi dan Jagung”, dihadiri dan dibuka langsung oleh Bupati Mamuju Hj. Sitti Sutinah Suhardi,SH, MSi. Bimtek juga dihadiri oleh Kepala BBP2TP yang diwakili oleh Prof. Sahardi Mulia, Kepala BPTP Sulbar, Dr. Nurdiah Husnah, pejabat dari SKPD setempat, penyuluh dan petani khususnya dari Kecamatan Kalukku dan Papalang.

Dalam sambutannya, Bupati Mamuju menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada para petani, atas dukungannya dan bantuannya untuk mewujudkan Petani Keren di Mamuju. "Tanpa petani, Mamuju tidak akan bisa maju karena pangan sangat menentukan pembangunan di setiap daerah,” ujarnya. Beliau juga mengatakan sangat bangga bisa bekerjasama dengan Kepala BPTP Sulawesi Barat

Siti Sutinah juga menjelaskan yang menjadi visi Mamuju antara lain untuk memajukan petani keren karena itu peserta bimtek diharapkan dapat menyimak dengan baik setiap materi yang disampaikan agar dapat diterapkan dalam kegiatan berusahataninya.

“Generasi muda tidak harus menjadi ASN, tetapi bisa juga menjadi petani keren,” pacu Ibu Bupati.

Pada kesempatan yang sama, Kepala BPTP Balitbangtan Sulbar Dr. Nurdiah Husnah dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada BBP2TP karena sudah memberikan kepercayaan untuk melaksanakan bimtek ini. Beliau juga melaporkan yang dilaksanakan BPTP diharapkan mampu mengantarkan petani kita untuk mewujudkan pertanian maju mandiri modern serta melahirkan petani keren di Mamuju.

Animo dan motivasi peserta dalam mengikuti kegiatan bimtek terasa cukup baik untuk menyimak setiap materi yang disampaikan narasumber. Pada bimtek kali ini, dihadirkan narasumber yang berasal dari tiga instansi, yaitu dari Dinas TPH Mamuju dengan materi Arah Kebijakan Pembangunan pertanian Kab Mamuju; Ir. Marthen P. Sirappa dari BPTP Sulbar dengan materi Kesesuaian lahan Kab Mamuju untuk pengembangan Pajale dan yang narasumber ketiga dari BBP2TP, Prof. Sahardi Mulia dengan materi Budidaya padi dan jagung Organik. Secara keseluruhan para peserta mengapresiasi pelaksanaan bimtek ini yang mereka anggap sebagai wahana berkumpul dan berbagi pengalaman usaha tani bersama petani/penyuluh lainnya. (ling/vwh/enw)

Sub Sektor : Lain-Lain
Komoditas : Lain-Lain
Teknologi yang Digunakan :
http://bbp2tp.litbang.pertanian.go.id/index.php/berita/berita-aktual/1473-latih-teknologi-budidaya-petani-sulbar-bbp2tp-dan-bptp-adakan-bimtek