2019-08-09

BALITBANGTAN SIAPKAN PERCONTOHAN OPTIMALISASI LAHAN PEKARANGAN SAAT KUNJUNGAN IBU NEGARA DI BATAM

BBP2TP
...

Kunjungan Ibu Negara (Iriana Joko Widodo) bersama Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE-KK) di Batam Provinsi Kepulauan Riau (7/8//2019) adalah salah satu implementasi program yang mengintegrasikan seluruh kegiatan bidang-bidang dalam OASE-KK. Adapun 5 bidang tersebut antara lain Pendidikan Karakter, Kesehatan Keluarga, Sosial dan Budaya, Lingkungan Bersih, dan Lingkungan Hijau. Secara khusus, Kementerian Pertanian, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, serta beberapa kementerian terkait, turut mendukung program kegiatan Bidang-5 (Lingkungan Hijau).

Kegiatan di Batam bertepatan dengan Hari Konservasi Nasional, dan pelaksanaannya digabungkan dengan Penanaman Mangrove Tahap-III serentak di 12 provinsi (sebelumnya di Banten dan Manado) di Pancur Pelabuhan Kecamatan Sei Beduk, kunjungan dan edukasi di Taman Kanak-Kanak (TK) Negeri Pembina II Batam bersama 145 anak murid, serta edukasi anti narkoba untuk murid SD dan SMP di GOR Indoor Tumenggung.

Seperti halnya di lokasi lain di setiap kunjungan Ibu Negara dan OASE-KK, Kementerian Pertanian turut mendukung program kegiatan Bidang-5 (Lingkungan Hijau) melalui implementasi percontohan optimalisasi lahan pekarangan di TKN Pembina III, penyerahan bantuan sekitar 2000 bibit dan benih tanaman sayuran, 500 bungkus produk olahan pasca panen perkebunan (kopi dan coklat), 500 benih/biji dalam sachet berbagai jenis tanaman sayuran, publikasi (komik, poster, leaflet, dan booklet) tentang menanam sayuran di pekarangan dan penganekaragaman pangan. Berbagai bantuan tersebut merupakan dukungan dari berbagai Eselon I terkait lingkup Kementan, termasuk Badan Litbang Pertanian (Balitbangtan). Balitbangtan melalui BBP2TP (Ir. Maesti Mardiharini, MS) dan BPTP Kepri (Dr. Mizu Istianto) turut serta dalam menyiapkan pelaksanaan kegiatan dimaksud.

Para siswa sekolah ini diajarkan sejak dini untuk mengenal cara budidaya sayuran, serta menyukai makan sayur dan produk olahan pangan lokal (mie singkong). Apresiasi yang tinggi dari Ibu Negara pada kementerian terkait yang telah mendukung program OASE-KK, melalui sinergi kegiatan di daerah. Kepulauan Riau merupakan provinsi kunjungan IBN dan OASE-KK ke-7 sejak awal tahun 2019, sebelumnya telah dilakukan kunjungan ke Provinsi: Aceh, Jatim, Jabar, Banten, Maluku, dan Sulawesi Utara (Maesti)

Sub Sektor : Lain-Lain
Komoditas : Lain-Lain
Teknologi yang Digunakan :