2020-09-03

Monev Program Percepatan Pendaftaran Varietas Lokal, Tim SDG BBP2TP kunjungi Jateng dan DIY

BBP2TP
...

Dalam sepekan terakhir, Tim sumber daya genetik (SDG) Balai Besar Pengkajian kunjungi 2 Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Balitbangtan yakni Jawa Tengah dan Yogyakarta dalam rangka monitoring dan evaluasi (monev) program percepatan pendaftaran varietas lokal melalui pelaksanaan kerjasama dengan Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian (PPVTPP) sejak 2018. Tim SDG BBP2TP yang melaksanakan kegiatan antara lain adalah Ir. Siti Tan Sehat, M.Si., Prof. Sahardi dan Ir. Rita Indrasti, M.Si. Monev turut didampingi Tim SDG BPTP.

Di BPTP Jateng, Tim melaksanakan monev terhadap pengembangan tanaman Alpukat Kalibening, salah satu SDG buah lokal di Dusun Kalibening Desa Kebondalem Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang. Masyarakat Kebondalem telah mengembangkan dan mengusahakan perbenihan Alpukat Kalibening.

Alpukat Kalibening sudah mendapatkan tanda daftar hak kepemilikan dari PPVTPP Kementan pada Juli 2017 dengan nomor 280/PVL/2017. Alpukat Kalibening baru saja selesai disidangkan untuk pelepasannya sebagai varietas unggul lokal nasional oleh PPTVPP dan Direktorat Perbenihan Dirjen Hortikultura Kementan, setelah diusulkan oleh Bupati Semarang melalui Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Kab. Semarang bersama Balitbangtan BPTP Jateng dan BPSB Prov. Jateng. Memanfaatkan momen kunjungan, Tim SGD BBP2TP juga menyempatkan melihat koleksi SDG Balitbangtan BPTP Jateng di Instalasi Penelitian dan Pengkajian Teknologi Pertanian (IP2TP) Ungaran. Upaya pelestarian dan pengembangan varietas lokal oleh BPTP Jawa Tengah berada di IP2TP bandongan seluas 19,427 ha dan IP2TP Ungaran 81,478 ha.

Di BPTP Jogjakarta, Tim melaksanakan monev terhadap tanaman Anggur Satriya Tamansari 1 yang merupakan salah satu SDG Kabupaten Bantul yang telah didaftarkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Bantul melalui BPTP Daerah Istimewa Yogyakarta, bekerjasama dengan Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul dan BPSBP Daerah Istimewa Yogyakarta dengan tanda daftar no. 1051/PVL/2019. Anggur Satriya Tamansari 1 memiliki berbagai keistimewaan diantaranya mampu beradaptasi pada daerah dataran rendah beriklim kering, dengan rasa daging buah manis segar dengan kadar kemanisan 18 – 22 brix. Warna kulit buahnya dark purplish red A, jumlah buah per tandan berkisar antara 70 – 100 buah dan berat buah per tandan mencapai kisaran 700 – 1000 gram.

Selain berkunjung untuk melaksanakan monev anggur di Dusun Plumbungan, Desa Sumbermulyo, Kecamatan Bambanglipuro, Kabupaten Bantul, tim SDG BBP2TP juga berkesempatan melihat kebun koleksi SDG BPTP Yogyakarta yang berada di lingkup kantor BPTP Yogyakarta.

Sebagaimana diketahui, Setiap BPTP berperan dalam membantu pemerintah daerah (provinsi/kabupaten/kota) untuk pendaftaran varietas lokal dari masing-masing lokasi melalui kegiatan karakterisasi yang dilakukan 33 BPTP. BBP2TP berperan dalam mengkoordinasikan kegiatan kerjasama tersebut. Kegiatan pengelolaan SDG tanaman spesifik lokasi yang dilaksanakan oleh seluruh BPTP-Balitbangtan mencakup kegiatan koleksi, konservasi, karakterisasi, evaluasi dan dokumentasi. (kontributor berita: BPTP Jateng dan BPTP DIY).

Sub Sektor : Buah-buahan nusantara
Komoditas : Hortikultura
Teknologi yang Digunakan :
http://bbp2tp.litbang.pertanian.go.id/index.php/berita/berita-aktual/1411-monev-program-percepatan-pendaftaran-varietas-lokal-tim-sdg-bbp2tp-kunjungi-jateng-dan-diy